Upaya Pafikabluwukutara.org untuk Mengatasi Tantangan Kefarmasian


Meskipun era digital menawarkan beragam keuntungan, namun ada sejumlah yang patut diwaspadai oleh pafikabluwukutara.org. Sebagai organisasi yang berfungsi sebagai wadah ahli farmasi, PAFI memiliki peranan vital dalam meningkatkan kesejahteraan para anggotanya dan masyarakat. 

Pafikabluwukutara.org Menjawab Tantangan Digitalisasi Farmasi

Persatuan ahli farmasi Indonesia menyadari bahwa masih banyak keterbatasan infrastruktur, khususnya untuk teknologi di daerah. Hal tersebut yang menyebabkan kesenjangan terhadap pelayanan farmasi. Tantangan lainnya yang harus dijawab oleh PAFI yaitu keamanan data dan privasi pasien selama berlakunya digitalisasi farmasi. 

Berikut ini beberapa tantangan yang coba ditaklukkan oleh PAFI Kabupaten Luwuk Utara:

  • Mengembangkan Infrastruktur

PAFI melakukan kerjasama dengan pemerintah dan pihak swasta demi memperluas jangkauan infrastruktur yang berkaitan dengan teknologi untuk daerah-daerah terpencil. Sebab, hadirnya infrastruktur yang memadai akan memberikan kesempatan berkembangnya apotek dan layanan kefarmasian.

  • Melaksanakan Edukasi dan Sosialisasi

Untuk mengatasi perubahan akibat dilaksanakannya digitalisasi farmasi, pafikabluwukutara.org menggiatkan edukasi dan sosialisasi. Penyampaian informasi kepada masyarakat mengenai keuntungan akan memudahkan masyarakat saat mengakses kegiatan yang berhubungan dengan kefarmasian. 

Oleh karena itu, edukasi dan sosialisasi akan membantu masyarakat dan tenaga teknis kefarmasian menghadapi perubahan tersebut. 

  • Meningkatkan Keamanan Data dan Privasi Pasien

Demi meningkatkan keamanan data dan privasi pasien akibat imbas penerapan digitalisasi farmasi, PAFI memastikan ahli TTK memiliki pengetahuan yang cukup. Oleh karena itu, organisasi profesi ini menggalakkan pelatihan khusus berkaitan dengan protokol keamanan siber. 

Sebab, data privasi pada pasien merupakan hal penting. Tidak heran jika program ini akan diberikan melalui kurikulum pendidikan dan pelatihan kepada seluruh Tenaga Teknis Kefarmasian. 

  • Kolaborasi Internasional

Melalui kerjasama antar organisasi farmasi yang sifatnya internasional, PAFI bisa mengadopsi sistem-sistem yang digunakan. Tujuannya agar bisa mendapatkan metode terbaik untuk memperbaiki penerapan digitalisasi farmasi serta menyesuaikannya dengan peraturan yang ada di Indonesia. 

Pertukaran informasi dengan negara lain akan mempercepat proses digitalisasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. 

Pafikabluwukutara.org tidak dapat dipungkiri memiliki peranan vital untuk meningkatkan pelayanan terutama setelah penerapan digitalisasi farmasi. Tujuan terbesarnya untuk memajukan pelayanan kefarmasian di daerah-daerah terpencil.

Upaya Pafikabluwukutara.org untuk Mengatasi Tantangan Kefarmasian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifaldo
Loading...