Peranan PAFI dalam Meningkatkan Kompetensi Anggotanya di Era GLobalisasi


Dunia kesehatan memasuki era Society 5.0 ditandai dengan penerapan telemedicine. Pafi.id sebagai saksi bahwa penerapan layanan kesehatan jarak jauh saat ini memanfaatkan teknologi sebagai media untuk berkomunikasi. Akankah ahli farmasi di Indonesia dapat mengikuti perkembangan dunia kefarmasian?

Pafi.id Merangkum Kehahlian yang Harus Dimiliki Ahli Farmasi

Ahli farmasi memiliki peranan penting dalam dunia kesehatan, khususnya di bidang klinis yang menyangkut, penyimpanan hingga distribusi obat. Peranan utama tersebut dilakukan ahli farmasi di rumah sakit maupun apotek. Selain berkutat dengan obat-obatan, profesi ini juga mengatur persebaran alat kesehatan serta melakukan konsultasi.

Profesi ahli farmasi diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik pertemuan secara virtual maupun langsung. Hadirnya teknologi informasi membuat profesi ini harus memiliki keahlian dasar, seperti:

  • Membantu pasien untuk memilih serta mengatur terapeutik dan non obat yang sesuai dengan kebutuhan. 
  • Https://pafi.id/ menuntut ahli farmasi memiliki kemampuan menerapkan tata laksana pasien dengan penyakit kompleks melalui pemahaman genetic lebih mendalam.
  • Persatuan ahli farmasi Indonesia harus fokus pada kesehatan mental, perubahan perilaku hingga pengaruh lingkungan sosial berkaitan dengan kesehatan. 

Berkembangnya zaman juga menuntut profesi ini dapat terus mengembangkan diri agar bisa mengikuti arus. Sebab, jika tidak bisa mengikuti, maka akan tergerus. Peranan ahli di bidang farmasi yang tergerus ditandai dengan kesulitan ketika menjangkau masyarakat. 

Untuk mengatasi permasalah tersebut, maka PAFI harus bisa menjembatani anggotanya agar terus melakukan inovasi. Selain menguasai teknologi, ahli farmasi juga harus melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat. Hasil dari kolaborasi akan lebih banyak muncul guna menunjang kemajuan di bidang farmasi. 

Profesi ini juga harus bisa mengembangkan diri agar tetap relevan dengan perkembangan di dunia kesehatan. Profesi ahli farmasi dikenal sangat dinamis, sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman. Sebab, nantinya hal tersebut akan mempengaruhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Dalam hal ini, https://pafi.id menjadi pendukung penyebaran informasi obat-obatan lebih berimbang bersumber dari ahli farmasi yang kompeten. Oleh karena itu, PAFI mendukung setiap langkah yang berhubungan dengan inovasi di bidang kefarmasian di Indonesia.

Peranan PAFI dalam Meningkatkan Kompetensi Anggotanya di Era GLobalisasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifaldo
Loading...