Pafikabrokanhilir.org Memiliki Kontribusi Besar atas Peningkatan Kesehatan Masyarakat


Wilayah Mamberamo Raya terbagi dalam delapan distrik dan terpisahkan oleh sungai. Kondisi sekitar yang cenderung lembab, membuat risiko penyebaran atau penularan penyakit sangat tinggi. Di sinilah fungsi pafikabrokanhilir.org sangat diperlukan. 

Keberadaan cabang atau PAFI perwakilan daerah sangat penting dalam memastikan kelayakan kesehatan masyarakat setempat. Baik dari pola hidupnya, ataupun akses layanan kesehatan. Seperti ketersediaan obat dan informasi seputar kesehatan. 

Wujud Kontribusi pafikabrokanhilir.org Bagi Peningkatan Kesehatan Masyarakat 

Untuk dapat memberikan fungsi atau peran nyata dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat, pafikabrokanhilir. banyak menjalankan program atau kegiatan. Setiap aktivitas atau program yang dicanangkan PAFI Mamberamo Raya, bertujuan agar seluruh masyarakat mendapat akses layanan kesehatan secara merata. 

Di antara banyaknya program kegiatan yang mereka jalankan, berikut ini beberapa di antaranya. 

1. Melakukan Pengawasan 

PAFI cabang Mamberamo Raya melakukan pengawasan terhadap proses distribusi obat-obatan juga bahan makanan ke seluruh distrik yang ada. Meskipun BPOM wilayah Jayapura selaku UPT dalam hal ini, tetapi pihak PAFI mengawasi untuk memastikan kelancaran dan efektivitasnya. 

Dengan begitu, akses obat-obatan, makanan sehat, dan layanan kesehatan dapat menjangkau seluruh distrik yang ada secara merata. Tidak hanya itu, organisasi yang berlandaskan pengabdian dan kekaryaan ini juga mengedukasi masyarakat agar terbiasa dengan pola hidup yang bersih juga sehat. 

2. Pengelolaan Obat 

Menggandeng Dinas Kesehatan setempat, pafikabrokanhilir.org mengelola obat-obatan sebelum didistribusikan. Dengan begitu, setiap wilayah mendapatkan jumlah dan jenis obat sesuai kebutuhan. 

Selain itu, pengelolaan ini juga mereka lakukan untuk menjamin kualitas obat yang akan beredar. Dengan begitu, seluruh masyarakat memperoleh akses yang sama dalam memperoleh obat berkualitas dalam jumlah yang pas. 

3. Pembinaan 

Selain mengawasi dan mengelola, organisasi yang berisikn para ahli farmasi ini juga melakukan pembinaan. Bukan hanya soal bagaimana menjaga kesehatan tetapi juga cara mengonsumsi bahan menyimpan obat yang tepat. 

Dengan begitu, harapannya bukan hanya proses distribusi yang berjalan efektif tetapi juga kualitas dan khasiat obat tetap terjaga saat sampai ke tangan konsumen. Dengan cara penyimpanan dan dosis konsumsi yang tepat, makah khasiat dari obat juga akan lebih efektif mengatasi penyakit atau keluhan yang ada. 

Dari penjelasan di atas, sudah dapat kita lihat seberapa besar kontribusi pafikabrokanhilir.org dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Sebagaimana tujuan awal dibentuknya organisasi ini, yakni membangun kesejahteraan masyarakat secara adil terutama di bidang kesehatan dan kefarmasian. 

Pafikabrokanhilir.org Memiliki Kontribusi Besar atas Peningkatan Kesehatan Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifaldo
Loading...