Pafikabluwu.org Mengedukasi Macam-Macam Efek Samping Obat


Jargon sebuah iklan yang memperingatkan jangan sedikit-sedikit minum obat memang ada benarnya. Pafikabluwu.org memperingatkan bahwa konsumsi obat memang akan mengurangi gejala dan menyembuhkan, namun harus sesuai anjuran. Perlunya edukasi tentang hal ini selalu menjadi perhatian utama.

Pafikabluwu.org Menyelenggarakan Edukasi Efek Samping Obat

Efek samping obat merupakan reaksi yang tidak diinginkan ketika pasien mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Efek samping bisa terjadi dan akan bertambah parah jika tidak ditangani secara efektif. Untuk pasien-pasien khusus, ahli Farmasi perlu memberikan perhatian saat berkonsultasi.

PAFI Kabupaten Luwu merasa perlu mengedukasi masyarakat mengenai efek samping obat. Sebenarnya, tidak seluruh efek samping obat tidak selalu menghadirkan akibat buruk. Ada juga yang hanya menimbulkan efek kantuk setelah mengkonsumsi obat-obatan untuk batuk, flu dan alergi. 

Agar efek samping tidak berakibat buruk, maka pasien perlu memperhatikan apa saja efek samping yang mungkin timbul, seperti:

  • Sakit Kepala

Pafikabluwu.org menyebutkan bahwa efek samping sakit kepala sering muncul akibat obat jantung. Sakit kepala akan muncul terutama pada obat yang bekerja melebarkan pembuluh darah. Untuk penderita sakit jantung obat tersebut ampuh mencegah serangan jantung, namun memiliki efek samping yaitu sakit kepala hebat.

  • Nyeri Otot

Nyeri otot juga menjadi efek samping yang umumnya timbul ketika pasien meminum obat untuk masalah kolesterol. Sekitar satu hingga 20 orang yang rutin mengkonsumsi obat kolesterol mengalami nyeri otot, sehingga mempengaruhi produktivitas saat bekerja. 

Jika efek samping tersebut sudah mengganggu, maka segera konsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mengurangi dosisnya.

  • Fungsi Hati Memburuk

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia efek samping dari konsumsi obat yang sembarangan yaitu memburuknya fungsi hati. Efek samping ini umumnya terjadi pada penggunaan obat pereda nyeri dalam waktu lama dan dosisnya tidak sesuai dengan anjuran. Contoh obat yang banyak dikonsumsi untuk nyeri yaitu Paracetamol.

Oleh karena itu, pasien perlu berhati-hati saat mengkonsumsi Paracetamol. Saat nyeri datang sebaiknya tidak langsung mengkonsumsi obat. Lakukan penanganan pertama seperti mengompresnya dengan air hangat atau dingin. Kemudian Anda juga perlu mengistirahatkan tubuh, lalu menekan bagian yang nyeri dengan lembut.

Pafikabluwu.org memberikan edukasi terhadap efek samping obat kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat tetap waspada dan menemukan penanganan yang tepat. Masyarakat yang teredukasi akan mendapatkan obat yang sesuai dan efektif.

Pafikabluwu.org Mengedukasi Macam-Macam Efek Samping Obat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifaldo
Loading...