Pafimuntok.org: Keahlian yang Dibutuhkan Ahli Farmasi


Bidang kesehatan menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki banyak peminat. Pafimuntok.org membawahi ahli farmasi menyebutkan bahwa prospek pekerjaan ini menjadi salah satu yang menjanjikan di masa depan. Jika Anda berminat menjadi ahli farmasi, maka perhatikan apa saja keahlian yang harus dikuasai.

Keahlian Dasar Anggota Pafimuntok.org

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau PAFI menjadi wadah profesi ahli farmasi, termasuk apoteker. Jika Anda berminat menjalani profesi ini, maka perlu keahlian dasar agar bisa menjalankan tugas dengan baik, seperti:

  • Pengetahuan yang Luas

Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh ahli farmasi yaitu pengetahuan mengenai obat-obatan dan pengaruhnya bagi tubuh. Pengetahuan tersebut harus diaplikasikan pada kasus nyata di masyarakat. Mengingat hal tersebut, ahli farmasi juga harus memiliki pengalaman bekerja di instansi kesehatan.

Kemampuan mengukur dosis yang tepat, penakaran obat dengan benar dan administrasi juga harus dikuasai. 

  • Komunikasi yang Baik

Setiap anggota pafimuntok.org harus memiliki komunikasi yang baik agar bisa berinteraksi dengan pasien. Tanpa keahlian ini, Anda tidak bisa menginformasikan berbagai informasi yang berkaitan dengan obat-obatan kepada pasien. Alhasil, nantinya pasien akan kebingungan menangkap informasi.

  • Memperhatikan Secara Detail

Keahlian dalam memperhatikan hal-hal detail juga harus Anda kuasai. Sebab, dalam keseharian ahli farmasi harus memperhatikan hal-hal kecil saat meracik obat-obatan untuk pasien. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan tentu akan berimbas pada kesehatan pasien. 

Anggota PAFI harus memiliki ketelitian, sehingga perlu selalu mengecek nama pasien dengan apa yang diresepkan dokter. 

  • Menguasai Teknologi

Mengingat teknologi sudah merambah ke berbagai jenis pekerjaan, maka ahli farmasi dituntut harus menguasainya. Oleh karena itu, setiap ahli farmasi harus memahami penggunaan software khusus dan sistem lainnya yang mendukung perkembangan di bidang kefarmasian. 

  • Multitasking

Tugas utama seorang ahli farmasi yaitu mampu meracik obat dengan benar dan memberikannya kepada pasien. Namun, hadir juga tugas lainnya, seperti mengatur ketersediaan obat dan banyak lagi. Oleh karena itu, Anda dituntut dapat mengaturnya dengan baik.

Pafimuntok.org seolah mengingatkan kembali bahwa keberadaannya sangat penting. Oleh karena itu, profesi ini harus memiliki keahlian agar bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Pafimuntok.org: Keahlian yang Dibutuhkan Ahli Farmasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rifaldo
Loading...